Tuesday, March 3, 2015

Bacaan Ringan "TIMELINE EROPA SEJAK ABAD PERTENGAHAN - PART 3"

http://massandry.blogspot.com
1071CE: Abad Pertengahan Eropa -Turki Seljuk Islam mengalahkan Bizantium di Manzikert di Asia Kecil dan merebut kembali sebagian besar provinsi Bizantium timur.

1073CE: Abad Pertengahan Eropa - Gregorius VII memulai konsepsi baru Gereja. Menurut Gregory, Gereja berkewajiban untuk menciptakan “urutan yang benar di dunia,” daripada menarik diri dari itu.Gregorius berusaha untuk menciptakan sebuah monarki kepausan dengan kekuasaan atas negara sekuler dan untuk membangun otoritas gerejawi.Henry IV, raja Jerman, melawan otoritas sehingga ini meresmikan “kontroversi pelantikan.” Gregory mengucilkan Henry IV di 1077CE. Reformasi Gregorian mendorong praktek peperangan Kristen dalam mengejar menyediakan “urutan yang benar di dunia” dan menetapkan antusiasme religius di semua umat Kristen.

1079CE: Abad Pertengahan Eropa - SKOLASTIK muncul sebagai upaya untuk mendamaikan filsafat klasik (terutama Aristotel) dengan kekristenan. Peter Abelard memberikan kontribusi untuk gerakan ini dengan pekerjaan yang besar teologi, Sic et Non. Dia meninggal di 1142.

Alexius Comnenus menerima peter Pertapa.
1095CE: Abad Pertengahan Eropa -Perang Salib Pertama dimulai ketika Bizantium Kaisar Alexius Comnenus permintaan membantu dalam merebut kembali wilayah yang hilang di Asia Kecil. Eropa Barat mengirimkan dukungan besar untuk menyelamatkan Yerusalem dari kontrol Islam. Paus Urbanus II menyerukan perang salib untuk memperkuat kepausan Gregorian dengan membawa Gereja Yunani Ortodoks di bawah otoritas paus dan dengan mempermalukan kaisar Jerman Henry IV yang telah memaksa Perkotaan melarikan diri Italia.

1098CE: Eropa Abad Pertengahan -Para tentara salib dari Antiokhia menangkap Perang Salib Pertama dan paling Suriah, membunuh penduduk Turki. Puisi epik tertua di Perancis,Nyanyian Roland, ditulis oleh seorang penulis tak dikenal. Puisi diatur di utara Spanyol pada masa pemerintahan Charlemagne dan didasarkan pada pembantaian Roncesvalles dari barisan belakang Charlemagne. Ini berfungsi untuk membentuk karakteristik yang berbeda antara Kristen dan paganisme.Adegan kematian Roland, patriot setia Charlemagne, umumnya dianggap salah satu adegan terbesar di seluruh literatur dunia.

1099CE: Abad Pertengahan Eropa -salib menangkap Perang Salib Pertama Yerusalem, membunuh penduduk Muslim.Tentara Salib baru mereka membagi wilayah menjadi empat kerajaan.

1100CE: Eropa Abad Pertengahan - Henry I, putra dari William si Penakluk, lembaga sistem perwakilan yang didedikasikan untuk bepergian negara dan menjalankan keadilan. Dia meninggal di 1135CE. Sekitar waktu yang sama, sebuah asketisme baru dicari untuk para bhikkhu yang ingin terlibat dalam kontemplasi dan pemeriksaan diri. Dua perintah baru diciptakan: dengan Carthusian dan Cistercian. St Bernardus dari Clairvaux, pemimpin Ordo Biarawan Putih, menetapkan 343 biara pada saat kematiannya.Menyertai ibadah sungguh-sungguh dari Kristus Yesus selama periode ini adalah pernyataan dari Perawan Maria sebagai orang suci. Ini adalah pertama kalinya seorang wanita diberikan makna sentral dalam agama Kristen.

1108CE: Eropa Abad Pertengahan - Louis VI, penting pertama Capetian Raja Prancis, banishes para “bangsawan perampok” dari Ile-de-France, yang memungkinkan pertanian, perdagangan dan aktivitas intelektual untuk berkembang.

1122CE: Abad Pertengahan Eropa - Kompromi ditarik antara paus dan kaisar atas masalah penobatan. Pada Konkordat Worms (sebuah kota Jerman), simbol-simbol agama, awalnya diinvestasikan untuk uskup, diganti dengan simbol-simbol kekuasaan temporal. Uskup menerima kaisar sebagai penguasa mereka temporal dan diinvestasikan dengan simbol yang mengakui hak mereka untuk memerintah. Menyusul isu penobatan, penerus Gregory VII mengembangkan hukum kanon Gereja yang menyediakan kepausan dengan yurisdiksi atas para ulama, hak-hak warisan dan hak-hak para janda dan anak yatim. Karena kepausan dimulai bertindak sebagai pengadilan banding, perlu bahwa paus dilatih sebagai ahli hukum, bukan sebagai biarawan.

1125CE: Abad Pertengahan Eropa -pangeran Jerman menghapuskan klaim keturunan takhta dan menetapkan hak untuk memilih pemimpin baru.

1144CE: Abad Pertengahan Eropa - gereja biara St Denis Romawi, sebuah kuil pemakaman untuk orang-orang kudus dan raja Perancis, yang dirobohkan dan diganti dengan arsitektur Gothic.Arsitektur Gothic disorot oleh lengkungan menunjuk, bukan Romawi lengkungan, vaulting beralur, dinding penopang layang dan rumit tempa kaca penggambaran cerita dari Alkitab dan kehidupan sehari-hari.

1152CE: Eropa Abad Pertengahan - Frederick I dari Jerman hak kerajaannya yang “Kekaisaran Romawi Suci,” dalam upaya untuk membawa prestise kembali ke tahta Jerman.

1155CE: Abad Pertengahan Eropa - Seorang mahasiswa Petrus Abelard, Peter Lombard, menulis Kitab Kalimat yang menjawab pertanyaan fundamental teologi dengan bagian-bagian dari Alkitab Kristen pemikir dan berbagai. Bukunya menjadi teks standar di semua universitas pada abad ketiga belas.

1164CE: Eropa Abad Pertengahan - Henry II konstruksi Konstitusi Clarendon dalam upaya untuk mendapatkan kembali daya untuk pengadilan sipil, yang telah kehilangan otoritas untuk yang gerejawi. Uskup Agung Canterbury, Thomas Becket, sangat menolak keputusan Henry dan pertengkaran pecah. Becket dibunuh di Canterbury Cathedral. Dia segera membuat seorang martir oleh masyarakat Inggris dan dihormati sebagai orang suci terbesar dalam sejarah Inggris. Hasil politik ditinggalkannya program pengadilan Henry. Selain acara ini, Henry II adalah dianggap sebagai salah satu raja Inggris terbesar karena reformasi peradilan dan inovasi hukum. Reformasi-Nya membentuk pemerintahan yang stabil yang memerlukan sedikit, jika ada, perhatian raja.

1165CE: Eropa Abad Pertengahan - Perancis Chretien de Troyes adalah penulis pertama untuk menyingkat sejarah Arthurian legendaris, berdasarkan Celtic pahlawan Raja Arthur dan ksatria ksatria, menjadi apa yang dikenal sebagai Romances Arthur.Chretien adalah penulis pertama yang mengajukan gagasan cinta romantis dalam pernikahan. Inovasi puisi narasi lagi adalah nenek moyang tertua dengan novel modern. Ide ksatria, arti harfiah menjadi “menunggang kuda,” muncul tentang waktu roman.Ksatria termasuk pertahanan kehormatan, pertempuran di turnamen, dan kebajikan kemurahan hati dan hormat. Kode mulia ksatria disertai dengan peningkatan kehidupan yang mulia dan status noblewomen.

1168CE: Abad Pertengahan Eropa - ilmuwan Inggris Robert Grosseteste menerjemahkan EtikaAristoteles dan membuat kemajuan teknologi di optik, matematika dan astronomi. Dia meninggal di 1253CE.

1170CE: Abad Pertengahan Eropa - kincir angin Eropa pertama dikembangkan.

1176CE: Abad Pertengahan Eropa - tentara Jerman Frederick saya dikalahkan oleh Italia Liga Lombard di Legnano.