Tuesday, March 3, 2015

Bacaan Ringan "TIMELINE EROPA SEJAK ABAD PERTENGAHAN - PART 6"

http://massandry.blogspot.com
1327CE: Abad Pertengahan Eropa - Lahir di 1260, Jerman Dominika Guru Eckhart mendefinisikan jiwa individu sebagai “percikan” dari ilahi pada elemen yang paling dasar.Dengan melepaskan semua pengetahuan diri, seseorang dapat mundur ke bahwa “percikan” dan mencapai Tuhan. Sebagian besar ajarannya dikutuk oleh kepausan. Dua band mistisisme timbul dari teori Eckhart: heterodoks, kepercayaan pada penyatuan Tuhan dan manusia di bumi tanpa bantuan para imam sebagai perantara, dan ortodoks, kepercayaan pada kemungkinan bergabung jiwa dengan Allah dan kesadaran akan kehadiran ilahi dalam kehidupan sehari-hari.

1328CE: Abad Pertengahan Eropa - pewaris terakhir dari dinasti Capetian meninggal dan digantikan oleh penguasa pertama dari dinasti Valois. Karena raja-raja Inggris juga diturunkan dari garis Capetian, Inggris mencoba untuk mengklaim mahkota Prancis.

1330CE: Abad Pertengahan Eropa - Oxford teolog John Wyclif lahir. Dia kemudian menjadi pemimpin gerakan sesat: menemukan Gereja yang berlebihan, ia mengutuk pejabat Gereja yang paling dan mulai gerakan reformasi. Dia menerima dukungan aristokrat oleh menganjurkan penggantian pejabat dengan pria yang bersedia untuk menjalani kehidupan apostolik dimodelkan pada Perjanjian Baru. Dia meninggal di 1384, sebelum hukuman mati bagi bidat muncul di Inggris. Penggunaan meriam berat dalam peperangan dimulai.

1337CE: Eropa Abad Pertengahan - Perancis membalas melawan Inggris dan memulai Perang Seratus Tahun, serangkaian pertempuran berlangsung sampai 1453CE. Tiga pertempuran terbesar dari perang yang bertempur di Crecy (1346), Poitiers (1356) dan Agincourt (1415).Karena keunggulan militer Inggris, Prancis kalah dalam sebagian besar pertempuran.

1340CE: Abad Pertengahan Eropa - Geoffrey Chaucer lahir. Dia kemudian memulai tradisi sastra dengan Tales nya Canterbury.

1342CE: Abad Pertengahan Eropa - pemerintahan Avignon Paus Clement VI mencontohkan pengambilalihan Prancis Gereja. Clement menawarkan manfaat rohani untuk uang, menunjuk para pemimpin Gereja untuk keuntungan ekonomi dan melakukan tindakan seksual pada “perintah dokter.” Gereja yang berbasis di Avignon Perancis meningkat dalam kekuasaan, centralizes pemerintahan Gereja dan menetapkan sistem keuangan kepausan.

1347CE: Eropa Abad Pertengahan - The Black Death muncul selama waktu depresi ekonomi di Eropa Barat dan reoccurs sering sampai abad kelima belas. The Black Death adalah kombinasi dari wabah pes dan pneumonia dan memiliki dampak besar pada kondisi sosial dan ekonomi.Dera agama muncul di antara kelompok awam dalam rangka untuk menenangkan murka Ilahi.William Fransiskan Inggris Okcham meninggal. Ia mengajarkan bahwa Tuhan bebas berbuat baik dan buruk di bumi sebagaimana Dia keinginan dan mengembangkan model posisi filsafat yang dikenal sebagai “nominalisme.” Pencariannya kepastian dalam pengetahuan manusia adalah salah satu fondasi dari metode ilmiah.

1348CE: Eropa Abad Pertengahan - Italia Giovanni Boccaccio (1313 – 1375CE) mulai menulis Decameron, sebuah kumpulan cerita tentang cinta, seks, petualangan dan tipuan diberitahu oleh tujuh wanita dan tiga orang di perjalanan ke negara itu untuk melarikan diri dari Black Death. Pekerjaan Boccaccio adalah literatur pertama kali ditulis dalam bentuk prosa naratif.Prosa-Nya adalah realistis dari pria dan wanita dalam cerita-cerita, bukan moral atau tidak bermoral secara terang-terangan seperti dalam roman sebelumnya.

1356CE: Abad Pertengahan Eropa - Sebuah perang dimulai antara Inggris dan Prancis langsung menyusul terjadinya Black Death di Perancis. Tani Prancis paling menderita secara ekonomi, seperti yang biasa di abad pertengahan selama perang, dan fisik – rumah mereka dijarah dan dibakar. Kekalahan Inggris raja Prancis, John II, di Pertempuran Poitiers, dan petani kembali diminta untuk menanggung berat kelas atas.

1358CE: Abad Pertengahan Eropa - Kesulitan ekonomi dalam hasil Prancis dalam sebuah pemberontakan kelas bawah, yang disebut “Jacquerie” (diambil dari petani Perancis “Jacques Bonhomme”). Para petani membakar istana, pembunuhan dan perkosaan tuan mereka dan istri bangsawan ‘dan mengambil keuntungan dari kebingungan politik di Perancis dengan mencoba untuk mereformasi sistem pemerintahan. Pemberontakan terjadi selama penawanan raja di Inggris. Juga, selama waktu ini, kelompok aristokrat rencana pengambilalihan kekuasaan.Sebuah pemberontakan singkat dimasukkan berakhir ketika kelompok ini mengembalikan perintah dengan pembantaian terhadap para pemberontak.

1360CE: Abad Pertengahan Eropa - Dengan diperkenalkannya lukisan minyak ke Eropa Barat, lukisan naturalistik paling awal dibuat. Subjek adalah raja Prancis, Yohanes Bagus. Setelah ini, portraitures naturalistik menjadi menonjol dalam seni Eropa.

1367CE: Eropa Abad Pertengahan - Perkotaan V berhasil dalam mengembalikan Paus ke Roma. Namun, Paus Gregorius XI meninggal pada tahun 1368. Karena kepausan sekarang di Roma, seorang Paus Italia, Perkotaan VI, terpilih dan mulai bertengkar dengan kardinal Perancis. Para kardinal Perancis membatalkan pemilu sebelumnya dan memilih seorang paus Prancis, Clement VII.

1378CE: Eropa Abad Pertengahan - Tahap kedua dari krisis kelembagaan Gereja adalah Skisma Besar. Kepausan Perancis meninggalkan Roma karena pemberontakan dari Urban VI dan kelompoknya dari kardinal baru didirikan. Perpecahan dari dua kelompok menyebabkan kebingungan di Eropa. Wilayah Perancis mengakui sebagai paus Clement VII, dan sisanya dari Eropa mengakui Perkotaan VI sebagai paus. Skisma bertahan kematian kedua paus. Para Ciompi Florentine, wol-combers, menyaksikan industri tertekan, bangkit melawan sistem pemerintahan dan kekuasaan gain untuk enam minggu, di mana waktu mereka lembaga keringanan pajak, memberikan representasi proletar dalam pemerintahan dan memperluas lapangan kerja. Semua reformasi dicabut dengan kekuatan oligarki baru.

1381CE: Abad Pertengahan Eropa - Kehadiran Black Death di Inggris bekerja untuk keuntungan petani Inggris, menyebabkan kekurangan tenaga kerja, sebuah pembebasan budak, kenaikan gaji dan penurunan sewa. Kelas bangsawan, bagaimanapun, melewati undang-undang yang menurunkan upah dengan jumlah sebelum wabah dan yang membutuhkan upah lebih rendah bagi buruh tanpa tanah. Para petani bangkit melawan penindasan ini dalam apa yang disebut Pemberontakan Petani Inggris ‘ketika pajak nasional dikenakan untuk setiap individu di Inggris. Perjalanan petani ke London, pembunuhan rektor tuan dan bendahara dan dipenuhi oleh Richard II. Richard menjanjikan penghapusan perbudakan dan sewa yang lebih rendah. Setelah petani pergi, Richard kelompok petani diikuti dan dibunuh.

1385CE: Abad Pertengahan Eropa - universitas Jerman yang pertama dibuka di Heidelberg.

1386CE: Abad Pertengahan Eropa - ratu Polandia, Jadwiga, menikah Grand Duke dari Lithuania,
Jagiello. Pernikahan menciptakan ganda negara ukuran ukuran sebelumnya Polandia.

1399CE: Eropa Abad Pertengahan - Di Inggris, hukuman mati menjadi hukuman bagi bidah, dan banyak Lollards, pengikut awam Wyclif, mengkonversi.

1400CE: Abad Pertengahan Eropa - Ceko siswa John Wyclif membawa Wyclifism ke ibukota Bohemia Praha. Pendeta John Hus (1373 – 1415CE) mengadopsi teori Wyclif untuk mendukung klaim sendiri terhadap pemborosan gerejawi. Provinsi Utara Italia merancang sistem mereka sendiri pemerintah. Pemerintah Venesia menjadi oligarki pedagang; Milan diperintah oleh dinasti despotisme, dan Florence menjadi republik, diperintah oleh orang kaya. Tiga kota memperluas dan menaklukkan sebagian besar Italia Utara.

1409CE: Abad Pertengahan Eropa - Sebuah dewan dari wali gereja dari kedua sisi dari Skisma Besar bertemu di Pisa dan memutuskan untuk mengubah nama Paus yang baru di tempat kedua. Namun, kedua paus menikmati kekuatan politik yang besar dan menolak deposisi, menyebabkan tiga pesaing untuk kepausan bukan dua.

1410CE: Abad Pertengahan Eropa - Polandia-Lithuania mengalahkan pasukan Ksatria Teutonik Jerman dan memperluas aturan timur, hampir ke Rusia. Ortodoks Timur Moskow mulai kampanye perlawanan terhadap Katolik Roma Polandia-Lithuania.