Friday, January 16, 2015

Bacaan Ringan "LEGENDA PARA SAMURAI - KIRIGAKURE SAIZO"

http://massandry.blogspot.com
Kirigakure Saizō Statue
Kirigakure  Saizō (雾 隠 才 蔵?) Adalah seorang ninja legendaris dari fase akhir dari perang sipil Jepang. Dalam cerita rakyat, ia adalah salah satu dari Sepuluh Pelindung Sanada, dan selain Sasuke Sarutobi, dia adalah yang paling diakui  dari Sepuluh Pelindung Sanada.

Seperti dalam kasus Sasuke, mungkin Saizō penciptaan fiksi dari sastra zaman Meiji populer, mungkin didasarkan pada Kirigakure Shikaemon, meskipun beberapa berpendapat keberadaan faktual nya. Menurut sejarawan Stephen Turnbull dan penulis Joel Levy, ada catatan sejarah dari upaya pembunuhan yang gagal oleh seorang ninja yang disebut Kirigakure Saizō, dikirim oleh panglima perang Tokugawa Ieyasu untuk membunuh saingannya Toyotomi Hideyoshi (Tokichiro Kinoshita). 

Menurut versi lain dari kejadian ini,  seniman bela diri dan peneliti Donn Draeger F., "ninja ceroboh" Saizō ditangkap sementara karena memata-matai Hideyoshi, yang sebenarnya menyelamatkan kehidupan panglima perang karena dia akan dibunuh oleh seorang agen ganda, Yusuke Takiguchi, hidup Saizō itu kemudian luput pada kondisi menyatakan kesetiaan kepada klan Toyotomi.

Saizō dikatakan menjadi master dari Iga ninjutsu. Sarutobi Sasuke, seorang ninja Koga, sering digambarkan sebagai saingan Saizō , dan setelah mereka berdua di pertemukan Yukimura Sanada, mereka menjadi teman baik dan mitra.Kirigakure merupakan nama harfiah berarti "Kabut Tersembunyi", seperti Saizō yang sering dikaitkan dengan kabut dan sulap ilusi. Berbeda dengan Sasuke, yang sering gambarkan dengan penampilan liar, Saizō biasanya muncul sebagai seorang pemuda tenang, elegan, dewasa, tampan dan kadang-kadang feminin.

Setelah Sasuke, Saizō adalah satu dari Sepuluh Pelindung Sanada yang sering hadir dalam karya fiksi modern. Dalam manga dan anime seri Samurai Deeper Kyo, Saizo adalah loyalis fanatik Sanada Yukimura. Dalam Film Goemon, Kirigakure Saizō digambarkan oleh Takao Osawa (Takeru Satoh dan dalam peran Saizō muda). 

Sebuah desa bernama Kirigakure ("Hidden Mist") jugamuncul dalam manga dan anime Naruto.