Thursday, January 15, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH BERDIRINYA SHINSEGUMI - POLISI KHUSUS DI AKHIR JAMAN KESHOGUNAN - PART 3"

http://massandry.blogspot.com
Struktur Organisasi 
Setelah nama Shinsengumi dikenal dan dikagumi secara nasional, anggota Shinsengumi mulai meningkat secara drastis (lebih dari 300 orang melamar). Berikut ini adalah susunan organisasi Shinsengumi : 

Kapten : Kondou Isami 
Wakil Kapten : Hijikata Toshizou
Penasehat : Itou Kashitarou (kepala kepustakaan)

Ada 10 regu dalam kelompok Shinsengumi, setiap regu memiliki kapten regu, di bawah ini adalah nama-nama kapten dari kesepuluh regu tersebut: 

Regu 1 : Okita Souji (Pelatih pedang) *model karakter untuk Soujirou Seta 
Regu 2 : Nagakura Shinpachi (pelatih pedang)
Regu 3 : Saitou Hajime (pelatih pedang)
Regu 4 : Matsubara Tadaji (pelatih pedang)
Regu 5 : Takeda Kanryuusai (pelatih strategi kemiliteran)
Regu 6 : Inoue Genzaburo
Regu 7 : Tani Sanjyuurou (pelatih tombak/lembing)
Regu 8 : Toudou Heisuke
Regu 9 : Suzuki Mikisaburou
Regu 10 : Harada Sanosuke *karakter model untuk Sagara Sanosuke

Kepala regu pengawal/mata-mata : Yamazaki Susumu *model karakter untuk Henya (Pekerjaannya adalah untuk mengawasi tingkah laku para anggota Shinsengumi, ya semacam kepala disipliner gitu, selain menjadi mata-mata untuk memastikan keadaan pesisir sebelum melakukan operasi penting. Kondou dan Hijikata sangat bergantung dan mempercayai Susumu).

Real Life Shinsengumi
Okita Souji v(Kapten Regu 1)
Ia berperan dalam RK (Samurai X OVA)

Mungkin Soujiro adalah sosok anggota Shinsengumi yang paling dikenal dan popular. Sangat tampan, selain menjadi anak yang luar biasa kepandaiannya dalam ilmu berpedang“ ia bergabung dengan dojo Kondou saat berusia 9 tahun, dan menjadi seorang pemain pedang ulung saat ia berusia 15 tahun lebih. Dengan nama depan Soujiro, (ya, itu betul!) pedang yang ia gunakan adalah pedang yang pernah digunakan Soujiro pada saat pertarungan terakhirnya dengan Kenshin, pedang Kikuichi Norimune, dengan panjang 2,42M

Pemain pedang terkuat di Shinsengumi, ia dapat menggunakan katana, bokken dan shinai dengan sangat baik. Terkenal dengan 3 tusukan- 3 tusukan dilakukan dengan sangat cepat kepihak lawan, biasanya ditujukan ke daerah leher dan bahu kanan dan kiri. Seperti Saito, tehnik ini dikembangkan dari tehnik yang diciptakan oleh Hijikata.

Sebuah tragedy menimpa Okita, ia dinyatakan terkena Tuberculosis (TBC), penyakit yang belum ada obatnya pada saat itu, tidak lama setelah formasi dari Shinsengumi. Ia mengalami batuk darah beberapa kali, walaupun ia tidak ingin semua anggota tahu mengenai penyakitnya. Pada saat peristiwa Ikeda-ya, keadaan menjadi sangat buruk (mungkin karena cuaca malam yang sangat dingin dan pertarungan yang sangat hebat), dan pingsan setelah mengeluarkan banyak darah ketika batuk. Pada saat itulah Kondou dan Hijikata mengetahui mengenai penyakit yang diderita oleh Okita, dan bahkan setelah itu dokter telah memperkirakan bahwa ia tidak akan hidup lebih lama lagi. Keduanya (Kondou dan Hijikata) stress menghadapi ini, karena mereka sudah seperti saudara kandung bagi Okita ( Kondou lebih tua 10 tahun dan Hijikata lebih tua 9 tahun dari Okita). Akan tetapi, ketiganya setuju untuk menutupi hal ini dari para anggota yang lain, yang akan mengakibatkan menurunnya semangat aggota lainnya. 

Setelah perang Boshin, Okita pergi ke Rumah sakit khusus penyakit TBC di Edo. Ia meninggal pada tanggal 30 Mei 1868, tahun pertama Meiji, di usia 25 tahun. 

Saitou Hajime (Kapten Regu 3)
Ia berperan dalam RK (Samurai X OVA) 

Saito Hajime sepertinya juga menjadi terkenal di Jepang setelah kemunculannya di anime RK! Tentu saja banyak sekali informasi mengenai dirinya di berbagai web. Sepertinya dia juga orang yang sangat misterius dalam kehidupan nyata¦ Semua kisah tentang dirinya di RK (kecuali Shishio dan Kenshin, tentu saja) adalah kisah sesungguhnya. Saya sendiri sangat terkejut! 

Baiklah. Pertama-tama, mengenai asal-usulnya sedikit tidak jelas. Sebuah teori mengatakan bahwa ia adalah anak dari seorang ronin. Lainnya mengatakan ia berasal dari Edo, anak salah seorang pejabat di pemerintahan Bakufu, dan ia datang ke Kyoto setelah tidak sengaja membunuh seseorang di Edo. Kemudian ada yang mengatakan bahwa ia adalah anak dari Shogun ke-12?! Dan lainnya lagi mengatakan bahwa ia adalah mata-mata dari klan Aizu pada awal Roshitai. Berbicara tentang pria misterius. Namanya, Hajime (memiliki arti pertama atau mulai seperti dalam tulisan kanji lainnya) karena ia dilahirkan pada hari pertama dibulan pertama, walaupun ada catatan lainnya mengenai hari lahirnya. 

Ia bergabung dengan Shinsengumi atas rekomendasi klan Aizu, dibawah nama Yamaguchi Jirou, saat ia menjadi salah satu asisten Hijikata. Keahlian berpedangnya yang sangat mematikan adalah satu sabetan tangan kiri (tetapi bukan Gatotsu, itu adalah ciptaan Watsuki-sensei), jurus ini bahkan lebih mematikan dari pada jurus yang dimiliki Okita tiga sabetan/tusukan! Pada kenyataannya, Saitou, bersama dengan Okita dan Nagakura, dikenal sebagai “tiga orang pemain pedang terkuat di Shinsengumi. Saitou membunuh banyak para anggota korup Shinsengumi. Seperti, Itou Kashitarou dan kawan-kawan, Takeda Kanryuusai dan lainnya. Dah tentu saja, Aku.Zoku.Zan bukanlah karangan dari Watsuki-sensei “ itu adalah motto dari seluruh anggota Shinsengumi! 

Saitou adalah orang yang kuat minum! Salah seorang pemilik website Shinsengumi menyatakan bahwa Ia akan berubah menjadi orang yang sangat berbeda pada saat mabuk, (saya tidak yakin apakah ini menunjuk kepada Saya memiliki hasrat ingin membunuh ketika sedang mabuk). Pada kenyataannya, ia meninggal karena stomach ulcer , dikarenakan terlalu banyak minum. Sayangnya, saya masih belum dapat memastikan apakah ia memiliki kebiasaan merokok setiap saat, atau apakah makanan favoritnya adalah Soba¦ Istri Saitou, Takagi Tokio, adalah anak dari pejabat penting Aizu“ pada kenyataannya, yang menjadi saksi tidak lain adalah Daimyo Aizu sendiri! Mereka (Saitou dan Takagi Tokio) menikah di tahun ke-6 Meiji (1873), dan anak pertama mereka ( Shocked!!), Tsutomu lahir di tahun ke-9 (1876). Setelah pemerintahan Ishin terbentuk, ia mengubah nama dan bekerja sebagai pelatih kendo di sebuah universitas. Di tahun 1877, 10 tahun pemerintahan Meiji, ia bergabung dikepolisian dengan ijin membawa pedang untuk bertempur di perang Seinan, perang dimana Saigo Takamori memberontak melawan pemerintahan Meiji di Satsuma. Dengan menggunakan nama Fujita Gorou. Setelah ia menjadi mata-mata ia bertanggung jawab langsung kepada Komisaris Polisi, Kawaji Toshiyoshi. (saya sungguh sangat terkejut untuk yang satu ini¦ Watsuki-sensei benar-benar bisa menggabungkan antara fiksi dan realita!) 

Saitou bekerja sebagai penjaga museum di Tokyo saat sudah berusia lanjut. Setelah pension, sepertinya ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berfikir. Saitou meninggal dunia pada tanggal 27 September 1915, tahun ke-4 pemerintahan Taisho, diusia 72 tahun.