Monday, January 12, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH PANJANG NEGERI JEPANG DARI JAMAN PRASEJARAH - N.TRADISI JEPANG"

http://massandry.blogspot.com
N. Tradisi Jepang

1) Bunraku
Seni pertunjukan yang menggunakan boneka dan diiringi musik.

2) Chanoyu
Upacara minum teh. Dalam upacara ini, diperlihatkan pembuatan teh dari teh dalam bentuk bubuk sampai menjadi minuman. Prosesnya sangat lama dan aturannya sangat ketat. Kita harus duduk bersimpuh selama kurang lebih 2 jam.

3) Hanami
Hanami adalah kegiatan menikmati bunga Sakura pada musim semi. Biasanya orang-orang bersama keluarganya makan-makan di bawah pohon Sakura. Terkadang untuk mendapatkan tempat yang sesuai, seseorang rela bergadang sebelum Hanami dimulai.

4) Ikebana
Seni merangkai bunga. Bunga dapat dirangkai sedemikian rupa menjadi suatu karya seni yang indah. Aliran Ikebana di Jepang sangat banyak. Karena itu, bermacam-macam pula keindahan yang dihasilkannya.

5) Kabuki
Seni teater tradisional Jepang di Jepang. Biasanya pemain Kabuki memakai tatarias yang mencolok dan berkostum mewah. Semua pemainnya adalah laki-laki.

6) Nōh
Lebih sering terdengar Noh. Adalah drama musik Jepang klasik. Meskipun dinamakan drama musik, tetapi juga memakai tarian dan kata-kata.

7) Origami
Seni melipat kertas. Origami Jepang yang paling terkenal adalah Origami bangau (Orizuru). Katanya, bangau adalah simbol panjang umur. Karena itu, apabila bisa membuat 1000 buah Orizuru, orang tersebut akan panjang umur.

8) Shintō
Suatu aliran kepercayaan (agama) di Jepang. Agama terbesar kedua di Jepang setelah Buddha (Bukkyō). Umat Shintō bersembahyang di kuil yang disebut Jinja. Sedangkan umat Buddha bersembahyang di kuil yang disebut Tera.

9) Shodō
Seni menulis kaligrafi. Shodō berbeda dengan menulis huruf biasa. Shodō memiliki teknik khusus. Biasanya Shodō menggunakan kuas (fude) dan tinta Cina. Bahkan ada kuas yang panjangnya sekitar 1 meter untuk menulis di kertas yang besar.