Thursday, January 15, 2015

Bacaan Ringan "SEJARAH BERDIRINYA SHINSEGUMI - POLISI KHUSUS DI AKHIR JAMAN KESHOGUNAN - PART 6"

http://massandry.blogspot.com
Real Hitokiris Like Rurouni Kenshin 
Kawakami Genzai inilah yang menjadi model karakter dari Kenshin Himura, Kawakami memegang aliran Shiranui Ryuu (yang ditemukannya sendiri). Jurus pedangnya sangat unik: seperti Kenshin,kaki kanan diarahkan ke depan, lutut agak sedikit dilenturkan, sementara kaki kiri di tekuk dengan lutut menyentuh tanah/lantai. Sekali tebas dengan tangan kanan, maka habislah  (apakah kalian sekarang sedang mempraktekan gaya tersebut??? Hehehe¦. Saya akui sekarang saya sedang menirukan gaya tersebut, sangat sulit ternyata¦ )

Menurut beberapa document, Kawakami tidak begitu tinggi, dengan rambut panjang, dan sering disangka sebagai wanita. Dalam kenyataannya, seperti gambaran seorang Kenshin Himura. (Bodoh, dia memang sebagai model untuk Kenshin Himura kan?) 

Kawakami adalah pendukung gerakan Joi, Ia menjadi terkenal setelah membunuh Sakuma Souzan, seorang pemikir hebat dan guru dari Yoshida Shoin, yang kemudian menjadi guru Kido Koin (Katsura Kogorou) dan beberapa Chosu Shishi. Sakuma percaya bahwa untuk melindungi dirinya dari ancaman asing, Jepang perlu membuka diri bagi pengaruh asing dan mempelajari semua tehnologi yang ditawarkan oleh pihak asing, sehingga Jepang mempunyai kemampuan untuk menyerang balik melawan kolonialisme. Tak perlu dikatakan lagi, bahwa tindakannya membuat dirinya menjadi target sasaran organisasi radikal yang percaya bahwa Jepang jangan sampai terkontaminasi oleh pengaruh kotor bangsa asing. 

Kawakami ditangkap setelah pembunuhan itu, dan dijebloskan ke dalam penjara. Ia dibebaskan setelah Restorasi. Akan tetapi, pemerintahan Meiji yang baru, terdiri dari young political blood (pake inggris ajalah ), menyetujui pandangan Sakuma dan mempraktekan konsep dari Teknologi Asing, Berjiwa Jepang. Kawakami sangat menentang akan hal ini, menurut Watsuki-sensei, Ia tidak mau melihat hasil usaha teman-temannya dari gerakan Joi yang telah meninggal, dan juga mereka yang telah meninggal karena Katana (pedang) nya, menjadi sia-sia. Pada kenyataannya, karena didasarkan oleh hal tersebutlah maka karakter Kenshin Himura dibuat. Pada akhirnya, Ia menjadi penggangu bagi pemerintahan Meiji, maka pada tahun ke-4 Meji, 1871 ia dipenggal mati. 

Okata Izou, dari Tosa 
Okata Izou adalah karakter model dari Udou Jine. Dengan aliran pedang Keishin Meichiryuu, Okata adalah teman masa kecil Sakamoto Ryoma, orang yang bertanggung jawab atas persekutuan Choshu dan Satsuma, dua rival abadi. Bekerja dibawah pimpinan Tosa Shishi, Takechi Hanpeita, Okata bertanggung jawab atas banyak pembantaian. Ia akhirnya ditangkap oleh anggota ofisial Tosa karena membunuh Daimyo Tosa, dan dipenggal mati.

Nakamura Hanjirou, dari Satsuma 
Karena Nakamura sama-sama dari klan Satsuma, maka aliran pedangnyapun Jiegenryuu. Nakamura Hanjirou adalah teman baik dari sekutu Saigo Takamori, dan Ia selalu ada disampingnya disaat berperang, termasuk pada saat perang Seinan. Di perang, setelah Saigo mengetahui bahwa ia telah kalah dan meminta teman seprjuagannya untuk memenggalnya, Nakamura melanjutkan menentang pasukan Meiji dengan hebat, hingga ia terbunuh karena tertembak.

Tanaka Shinpei, dari Satsuma 
Dengan aliran pedang Jigenryuu“ satu-satunya aliran pedang di Satsuma! Ini adalah tehnik berpedang yang digunakan oleh Ujiki ( polisi korup di RK #2). Dikatakan bahwa sabetan pertama adalah tebasan yang paling menentukan/terakhir, jadi kalian harus melumpuhkan lawan kalian terlebih dahulu.

Di tahun 1863, salah seorang petugas pengadilan kekaisaran, Anekouji Kintomo, terbunuh saat ia tengah kembali ke kediamannya di malam hari. Sebuah katana ditinggalkan ditempat kejadian, yang kemudian dikenali sebagai milik Tanaka. Ada keraguan dalam hal ini, bagaimanapun juga, Tanaka adalah seorang pembunuh ulung, dan tidak akan pernah terpikirkan olehnya untuk meninggalkan sebuah katana miliknya ditempat kejadian. Tanaka menyangkal bahwa ia telah membunuh Anekoujisaat ditangkap, tetapi pada saat katana ditunjukkan kepadanya, sebuah ekspresi keterkejutan terlihat diwajahnya. Ia kemudian mengambil sebuah pedang yang berada didekatnya, dan sebelum semua orang bisa menghentikannya,ia telah melakukan seppuku! 

Siapa yang telah membunuh Anekouji? 
Kenapa meninggalkan sebuah katana?
Mengapa menjebak Tanaka?
Apa maksud dari ekspresi keterkejutan Tanaka?
Apa yang menyebabkan Tanaka untuk memilih seppuku?
Sampai saat ini, pertanyaan-pertanyaan tersebut masih menjadi mistery dalam sejarah Je