Friday, January 16, 2015

Bacaan Ringan "LEGENDA PARA SAMURAI WANITA A.K.A KUNOICHI

http://massandry.blogspot.com
Samurai wanita yang lebih kuat daripada pria sering muncul dalam jidaigeki (drama sejarah), tetapi apakah mereka benar-benar ada?

Jawabannya adalah ya. Ada beberapa samurai wanita dalam sejarah Jepang.

Tomoe Gozen (1157-1247)
Seorang samurai wanita yang merupakan selir seorang jenderal Minamoto no Yoshinaka, dan bertempur di Perang Genpei.

Kaihime (1572 -?)
Selir dari seorang daimyo Toyotomi Hideyoshi. Ia melakukan perlawanan yang baik memimpin 300 pejuang melawan pasukan besar yang terdiri dari puluhan ribu prajurit.

Oohouri Tsuruhime (1526-1543)
Ia memimpin kekuatan angkatan laut untuk mengalahkan pasukan musuh atas nama orangtuanya dan kekasihnya yang diserang.

Nakazawa Koto
Seorang pendekar perempuan yang menyamar sebagai seorang pria di hari-hari terakhir Keshogunan Tokugawa. Ia merupakan ahli pedang bergagang panjang. Menyamar sebagai seorang pria, ia bergabung dengan pasukan pasca Shinsengumi (polisi dan kekuatan militer Keshogunan di Kyoto) dan kemudian berpatroli di kota Edo (nama lama Tokyo).

Ii Naotora
Dalam Era Perang Sipil, ia adalah seorang tuan tanah feodal dan ibu angkat Naomasa yang merupakan Empat Penjaga Tokugawa. Meskipun ia bukan seorang pejuang, ia membuat keluarga Ii menjadi daimyo terkemuka. Secara resmi diumumkan bahwa ia adalah lelaki dan kebenaran itu diungkap lebih dari seratus tahun kemudian.

Jika mereka bisa menyembunyikan jenis kelamin sebenarnya, pasti ada lebih banyak samurai wanita yang tidak diketahui hari ini.