Sunday, April 12, 2015

Tokoh Islami "IMAM BESAR - MUSLIM BIN AL HAJJAJ BIN MUSLIM BIN KUSYADZ AL-QUSYAIRI AN-NAISABURI - IMAM MUSLIM (204H - 261H) - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Guru-guru beliau
Perjalanan ilmiah yang dilakukan imam Muslim menyebabkan beliau mempunyai banyak guru dari kalangan ahlul hadits. Al Hafizh Adz Dzahabi telah menghitung jumlah guru yang diambil riwayatnya oleh imam Muslim dan dicantumkan di dalam kitab shahihnya, jumlah mereka mencapai 220 orang, dan masih ada lagi selain mereka yang tidak di cantumkan di dalam kitab shahihnya

Muhaddits Medinah Asy Syaikh Abdul Muhsin al Abbad hafizhahulloh menukil dari Tahdzib at Tahdzib karya al Hafizh Ibn Hajar al Asqalani sepuluh nama guru imam Muslim yang memiliki riwayat terbanyak dalam kitab shohih Muslim. Berikut kami sebutkan nama-nama mereka sesuai urutan jumlah periwayatannya :

1. Abu Bakar bin Abu Syaibah; jumlah riwayatnya 1540 hadits
2. Abu Khaitsamah Zuhair bi Harb An Nasaai; jumlah riwayatnya 1281 hadits
3. Muhammad bin Mutsanna, yang digelar dengan az Zamin; jumlah riwayatnya 772 hadits
4. Qutaibah bin Said; jumlah riwayatnya 668 hadits
5. Muhammad bin Abdullah bin Numair; jumlah riwayatnya 573 hadits
6. Abu Kuraib Muhammad bin al ‘Alaa bin Kuraib; jumlah riwayatnya 556 hadits
7. Muhammad bin Basysyar, yang dikenal dengan gelar Bundaar; jumlah riwayat beliau 460 hadits
8. Muhammad bin Rafi’ an Naisaburi; jumlah riwayatnya 362 hadits
9. Muhammad bin Hatim, yang dikenal dengan as Samiin; jumlah riwayatnya 300 hadits
10. Ali bin Hujr as Sa’di; jumlah riwayatnya 188 hadits

Kesepuluh guru imam Muslim yang disebutkan di atas juga merupakan guru imam Bukhari. Imam Abu ‘Amr ibn ash Sholah berkata, “Walaupun imam Muslim belajar dan mengambil faidah dari imam Bukhari akan tetapi beliau menyertai imam Bukhari dalam berguru kepada beberapa ulama”.

Selain kesepuluh guru yang disebutkan di atas masih banyak guru imam Muslim yang beliau mengambil ilmu dari mereka akan tetapi beliau tidak menyebutkan periwayatannya dalam kitab Shohih Muslim kecuali sedikit bahkan ada yang tidak disebutkan sama sekali.

Diantara guru-guru beliau yang paling menonjol selain yang telah disebut di atas, adalah:
1. Abu Abdirrahman Abdullah bin Maslamah bin Qa’nab Al Qa’nabi Al Haritsi Al Bashri (wafat tahun 221 H); Beliau adalah guru imam Muslim yang tertua.

2. Abu Zakariyya Yahya bin Yahya bin Bakr bin Abdurrahman at Tamimi an Naisaburi (wafat tahun 226 H); Beliau adalah seorang imam yang tsiqoh lagi disayangi oleh penduduk Naisabur.

3. Abu Utsman Said bin Manshur bin Syu’bah al Khurasani (wafat tahun 227 H); Beliau bermukim di Mekkah, penulis kitab as Sunan dan seorang imam yang terkenal dengan kekuatan hafalannya sehingga dikatakan bahwa beliau tidak pernah rujuk ke kitabnya karena sangat yakin dengan hafalannya.

4. Abu Zakariyya Yahya bin Ma’in bin ‘Aun al Ghatafani Maulaahum al Baghdadi (wafat tahun 233 H); seorang tsiqoh, hafizh dan imam masyhur dalam ilmu al jarhu wa at ta’dil.

5. Abul Hasan Ali bin Abdullah bin Ja’far bin Najih as Sa’di Maulaahum, beliau lebih dikenal dengan Ali ibn al Madini (wafat tahun 234 H); beliau seorang yang sangat ahli dalam ilmu ‘ilal di zamannya sehingga mendapat pujian yang sangat banyak dari para ulama, imam Bukhari bahkan pernah berkomentar, “Aku tidak pernah memandang diriku kecil kecuali jika di hadapan Ali ibn al Madini”

6. Abu Muhammad Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad al Hanzholi al Marwazi, beliau lebih dikenal dengan panggilan Ibn Rahuyah (wafat tahun 238 H); Beliau seorang imam yang faqih, mujtahid dan rekan dari Imam Ahmad

7. Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hambal asy Syaibani al Marwazi (wafat tahun 241 H); Beliau seorang muhaddits besar yang tsiqoh dan merupakan hujjah, beliau digelar dengan Imamnya Ahlus Sunnah wal Jama’ah

8. Abu Muhammad Abdullah bin Abdurrahman bin al Fadhl bin Bahram as Samarqandi ad Darimi (wafat tahun 255 H); seorang imam hafizh, tsiqoh dan penulis kitab yang dikenal dengan sunan ad Darimi

9. Muhammad bin Yahya bin Abdullah bin Kholid bin Faris bin Dzuaib adz Dzuhli an Naisaburi (wafat tahun 258 H); seorang imam yang tsiqoh dan hafizh yang mulia

10. Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il Al Bukhari (wafat tahun 256 H); Beliau adalah Amirul Mukminin dalam bidang hadits dan penulis kitab hadits yang paling diakui keshohihannya.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds