Friday, April 17, 2015

Tokoh Islami "SHAFIYYAH RADHIALLAHU 'AN BINTI HUYAY BIN AKHTAB BIN SA'YAH BIN AMIR BIN UBAID BIN KAAB BIN AL-KHAZRAJ BIN HABIB BIN NADHIR BIN AL-KHAM BIN YAKHURN (628–672 M) - PART 2"

http://massandry.blogspot.com
Bilal membawa Shafiyyah dan putri pamannya menghadap Nabi Muhammad Saw. Di sepanjang jalan yang dilaluinya terlihat mayat-mayat tentara kaumnya yang dibunuh. Hati Shafiyyah sangat sedih melihat kondisi itu, apalagi jika mengingat bahwa dirinya menjadi tawanan kaum muslimin. Nabi Muhammad Saw memahami kesedihan yang dialaminva, kemudian ia bersabda kepada Bilal, "Sudah hilangkah rasa kasih sayang dihatimu, wahai Bilal, sehingga engkau tega membawa dua orang wanita ini melewati mayat-mayat suami mereka?" Nabi Muhammad Saw memilih Shafiyyah sebagai istri setelah terlebih dahulu menawarkan untuk memeluk agama Islam kepadanya dan kemudian Shafiyyah menerima penawaran tersebut.

Seperti telah dikaji di atas, Shafiyyah telah banyak memikirkan Nabi Muhammad Saw sejak dia belum mengetahui kerasulan beliau. Keyakinannya bertambah besar setelah dia mengetahui bahwa Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah. Anas berkata, "Rasulullah ketika hendak menikahi Shafiyyah binti Huyay bertanya kepadanya, "Apakah sesuatu yang engkau ketahui tentang diriku?" Dia menjawab, "Ya Rasulullah, aku sudah rnengharapkanrnu sejak aku masih musyrik, dan memikirkan seandainya Allah mengabulkan keinginanku itu ketika aku sudah memeluk Islam." Ungkapan Shafiyyah tersebut menunjukkan rasa percayanya kepada Nabi Muhammad Saw dan rindunya terhadap Islam.

Bukti-bukti yang jelas tentang keimanan Shafiyyah dapat terlihat ketika dia memimpikan sesuatu dalam tidurnya kemudian dia ceritakan mimpi itu kepada suaminya. Mengetahui takwil dan mimpi itu, suaminya marah dan menampar wajah Shafiyyah sehingga berbekas di wajahnya. Nabi Muhammad Saw melihat bekas di wajah Shafiyyah dan bertanya, "Apa ini?" Dia menjawab, "Ya Rasul, suatu malam aku bermimpi melihat bulan muncul di Yastrib, kemudian jatuh di kamarku. Lalu aku ceritakan mimpi itu kepada suamiku, Kinanah. Dia berkata, 'Apakah engkau suka menjadi pengikut raja yang datang dari Madinah?' Kemudian dia menampar wajahku. "

Nabi Muhammad Saw menikahi Shafiyyah dan kebebasannya menjadi mahar perkawinan dengannya. Pernikahan Nabi Muhammad Saw dengan Shafiyyah didasari beberapa landasan. Shafiyyah telah mernilih Islam dan menikah dengan Nabi Muhammad Saw ketika ia memberinya pilihan antara masuk Islam dan menikah dengan beliau atau tetap dengan agamanya dan terbebas. Ternyata Shafiyyah memilih untuk tetap bersama Nabi Muhammad Saw, Selain itu, Shafiyyah adalah putri pemimpin Yahudi yang sangat membahayakan kaum muslim, di samping itu, juga karena kecintaannya kepada Islam dan Nabi Muhammad Saw.

Nabi Muhammad Saw menghormati Shafiyyah sebagaimana hormatnya ia terhadap istri-istri yang lain. Akan tetapi, istri-istri Nabi Muhammad Saw menyambut kedatangan Shafiyyah dengan wajah kurang bersahabat karena dia adalah orang Yahudi, di samping juga karena kecantikannya yang menawan. Akibat sikap mereka, Nabi Muhammad Saw pernah tidak tidur dengan Zainab binti Jahsy karena kata-kata yang dia lontarkan tentang Shafiyyah. 

Aisyah bertutur tentang peristiwa tersebut, "Rasulullah Saw tengah dalam perjalanan. Tiba-tiba unta Shafiyyah sakit, sementara unta Zainab berlebih. Rasulullah berkata kepada Zainab, "Unta tunggangan Shafiyyah sakit, maukah engkau memberikan salah satu dan untamu?"  Zainab menjawab, "Akankah aku memberi kepada seorang perempuan Yahudi?" Akhirnya, ia meninggalkan Zainab pada bulan Dzulhijjah dan Muharam. Artinya, beliau tidak mendatangi Zainab selama tiga bulan. Zainab berkata, "Sampai aku putus asa dan aku mengalihkan tempat tidurku."

Aisyah mengatakan lagi, "Suatu siang aku melihat bayangan Rasulullah datang. Ketika itu Shafiyyah mendengar obrolan Hafshah dan Aisyah tentang dirinya dan mengungkit-ungkit asal-usul dirinya. Betapa sedih perasannya. Lalu dia mengadu kepada Rasulullah sambil menangis. Rasulullah menghiburnya, "Mengapa tidak engkau katakan, bagaimana kalian berdua lebih baik dariku, suamiku Nabi Muhammad Saw, ayahku Harun, dan pamanku Musa."

Di dalam hadits riwayat Tirmidzi juga disebutkan, "Ketika Shafiyyah mendengar Hafshah berkata,' Perempuan Yahudi! ' dia menangis, kemudian Nabi Muhammad Saw menghampirinya dan berkata, "Mengapa engkau menangis?" Dia menjawab, "Hafshah binti Umar mengejekku bahwa aku wanita Yahudi." Kemudian Nabi Muhammad Saw bersabda, "Engkau adalah anak nabi, pamanmu adalah nabi, dan kini engkau berada di bawah perlindungan nabi. Apa lagi yang dia banggakan kepadamu?"  Nabi Muhammad Saw kemudian berkata kepada Hafshah, "Bertakwalah engkau kepada Allah, wahai Hafshah!"

Salah satu bukti cinta Shafiyyah kepada Nabi Muhammad Saw ada pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Saad tentang istri-istri Nabi yang berkumpul menjelang beliau wafat. Shafiyyah berkata, "Demi Allah, ya Nabi, aku ingin apa yang engkau derita juga menjadi deritaku." Istri-istri Rasulullah memberikan isyarat satu sama lain. Melihat hal yang demikian, beliau berkata, "Berkumurlah!" Dengan terkejut mereka bertanya, "Dari apa?" Beliau menjawab, "Dari sinyal mata kalian terhadapnya. Demi Allah, dia adalah benar. "

Setelah Nabi Muhammad Saw wafat, Shafiyyah merasa sangat terasing di tengah kaum muslimin karena mereka selalu menganggapnya berasal dan Yahudi, tetapi dia tetap komitmen terhadap Islam dan mendukung perjuangan Nabi Muhammad Saw. Ketika terjadi fitnah besar atas kematian Utsman bin Affan, dia berada di barisan Utsman. Selain itu, dia pun banyak meriwayatkan hadits Nabi. Dia wafat pada masa kekhalifahan Mu'awiyah bin Abi Sufyan. Marwan bin Hakam menshalatinya, kemudian menguburkannya di Baqi '.

Newer Post Older Post Home

Tokoh Islami "HABIB ABDURRAHMAN BIN ZEIN BIN ALI BIN AHMAD AL JUFRY"

http://massandry.blogspot.com Sayyidy al-Habib Abdurrohman bin Zein bin Ali bin Ahmad al-Jufri dilahirkan tahun 1938 di Semarang. Ayahand...

Blogger Template by Blogcrowds